Selamat Datang di jasamuguru.blogspot.com. Blog ini memuat tentang aneka informasi terupdate tentang dunia pendidikan di tingkat Sekolah Dasar.

Rabu, 07 Mei 2014

Pergantian Pemerintahan Tak Ganggu Kurikulum 2013

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ibnu Hamad mengatakan, pergantian pemerintahan tidak akan mengganggu implementasi Kurikurum 2013. Pemerintahan hasil Pemilu 2014, kata dia, otomatis akan menjalankan kurikulum tersebut karena kandungan dan isinya cukup kuat menjaga kelangsungan kurkulum. Lagipula, menurut Ibnu, pemerintah sudah mengalokasikan anggaran program Kurikurum 2013 dalam APBN 2015.

“Jadi, nanti, siapapun presidennya penerapan Kurikurum 2013 akan berlanjut sampai pemerintahan berikutnya. Keberadaan kurikurum ini ke depan akan diperkuat melalui peraturan pemerintah yang memiliki kekuatan hukum yang lebih kuat dibandingkan saat ini yang hanya sekadar peraturan menteri,” ujar Ibnu ketika dihubungi Komunika, Kamis, 27 Maret 2014.

Ibnu menjelaskan, Kurikulum 2013 mulai diterapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Tahun Ajaran 2013/2014 secara bertahap dan terbatas. Pada periode pertama, pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 dilakukan di 6.326 sekolah pada siswa kelas 1 dan IV SD, VII SMP, serta IX SMA/SMK. Sementara itu untuk periode kedua, pada 2014/2015, Kurikulun 2013 diterapkan bagi siswa kelas I, II, IV, dan V SD, VII dan VIII SMP, serta X dan XI SMA/SMK.

“Pada perode tahun ajaran 2015/2016 diharapkan kurikurum ini bisa diterapkan di seluruh kelas dari SD sampai SMA dan SMK.” Dalam kurikurum ini, nantinya akan mengubah cara pengajaran siswa menjadi lebih aktif dengan menekankan peran murid secara penuh untuk mengemukakan pendapat dan mengasah kreativtas.

“Dalam kurikurum ini ada beberapa mata pelajaran yang disatukan dan materi dalam pelajaran disusun seimbang mencakup kompetensi sikap pengeahuan dan keterampilan.” Selain itu menurut Ibnu, pendekatan pembelajaran akan diubah berdasarkan pengamatan pertanyaan, pengumpulan data, penalaran, dan penyajian hasil melalui pemanfaatan berbagai sumber belajar.


jasamuguru.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar