Selamat Datang di jasamuguru.blogspot.com. Blog ini memuat tentang aneka informasi terupdate tentang dunia pendidikan di tingkat Sekolah Dasar.

Senin, 28 April 2014

Cara Membuat Rangking Kelas Hanya Dalam 10 Detik

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh..

Kawan Guru SD yang dirahmati Allah SWT. Tugas guru SD akhir-akhir ini tak terasa ternyata semakin banyak saja, tak hanya sebagai guru kelas, seorang guru SD juga harus dituntut sebagai staf administrasi dan segala macam tugas-tugas yang berhubungan dengan administrasi Sekolah. Untuk itu seorang guru SD harus dapat bekerja dengan cepat dan tepat.

Pada postingan kali ini saya akan memberi tips bagaimana untuk membuat waktu anda seefektif mungkin dalam mengelola administrasi guru, terutama dalam hal asessment atau penilaian.

Terkadang, pekerjaan yang paling menjengkelkan adalah membuat rangking kelas, sementara jumlah siswanya sangat banyak. Biasanya tidak sedikit waktu yang kita butuhkan untuk melakukan pekerjaan yang satu ini. terutama bila kita masih mengerjakannya secara manual, selain lama, juga kemungkinan kesalahan juga besar, sehingga kita sering melakukannya berulang-ulang agar tidak terjadi kesalahan. Namun kita bisa membuat waktu itu menjadi lebih efektif. yaitu dengan memanfaatkan program Excel pada laptop anda.

Sebenarnya ada banyak versi Software besutan Microsoft ini, antara lain Microsoft Excel 1998, 2003, 2007, 2010 dan yang paling anyar 2013. namun secara sistem semuanya sama, hanya tampilannya saja yang memang agak berbeda, dan penambahan fitur-fitur tertentu yang tidak secara signifikan berubah. 

Dan sebenarnya juga sudah banyak menjamur buku-buku dan tutorial-tutorial tentang membuat perintah rangking seperti ini, tapi kebanyakan adalah cara penyelesaiannya yang penuh dengan teori, berbelit-belit, rumit dan sulit untuk kita fahami, juga membutuhkan ilmu komputer yang tinggi. namun disini akan saya coba membuat segalanya menjadi lebih mudah, bahkan anda yang baru belajar komputerpun bisa dengan cepat menerapkannya.

Hari ini saya ingin berbagi ilmu tentang bagaiman cara membuat rangking  kelas dengan cepat melalui program Micorosoft Office Excel. Caranya sangat simpel dan hampir sama seperti pada postingan yang lalu tentang Cara Membuat Nilai Rata-Rata Kelas Hanya Dalam 10 Detik . Bedanya, untuk kali ini yang akan kita cari adalah nilai rangking kelas atau peringkat kelas.

Baiklah langsung saja pada tips, apabila dikomputer anda sudah terinstal program ini.
Diakhir Semester atau akhir tahun, biasanya kita akan menginput hasil nilai harian atau nilai hasil ujian. maka sebagai contoh akan saya tampilkan rekapitulasi nilai UTS. seperti dibawah ini. 

Gb. 1

Perhatikan data diatas, misalkan yang akan kita kerjakan adalah PRK (Peringkat Kelas) / rangking yang sudah ditandai dengan warna kuning. Maka untuk mengerjakannya cukup sederhana. ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan cermat sebelum anda mencobanya sendiri di laptop anda :

Dalam membuat peringkat kelas, dasar yang dipakai jelas adalah JUMLAH atau RATA-RATA dari nilai keseluruhan siswa per mata pelajaran. untuk itu mari kita perhatikan secara seksama dasar pengerjaannya.

Pertama-tama letakkan kursor / klik pada kolom nilai PRK yang paling atas (lingkaran merah muda), kemudin pada Menu Bar, klik FORMULAS (lingkaran hijau) kemudian letakkan kursor mouse pada KOLOM RUMUS (lingkaran biru). kemudian tuliskan RUMUS seperti gambar dibawah ini, lalu tekan ENTER pada keyboard. untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini. 

Gb. 2

Berikut adalah gambar rumus yang diperbesar. 

Gb. 3

Berikut dibawah ini adalah hasil setelah kita tekan ENTER!
Gb.4

Setelahanda tekan ENTER maka akan muncul hasil rangking dari siswa bernama DENIS CANIAGO. Perhatikan kotak diatas, disudut kotak tersebut ada titik kecil. (Lihat Gb.4). nah sekarang tinggal diseret saja ke tempat dimana kita akan merangking seluruh siswa. Untuk melihat hasilnya, lihat gambar dibawah ini.


Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang rumus diatas :
=RANK(number,ref,order)

Keterangan:
number, adalah nilai yang akan dijadikan dasar rangking. Untuk contoh kasus dibawah sel dari Nilai Rata-Rata yang menjadi dasar untuk perankingan (sel R8)
ref, berupa range yang diabsolutkan dari kolom yang menjadi dasar merangking (range $R$8:$R$25)
Order, bersifat opsional. Jika tidak dicantumkan maka dianggap bernilai 0. Parameter ini hanya mengijinkan nilai 0 dan 1. Jila diberi nilai 0, maka rangking dalam bentuk descending yaitu nilai tertinggi menjadi rangking 1.  Jila diberi nilai 1, maka rangking dalam bentuk ascending yaitu nilai terendah menjadi rangking 1. untuk kasus ini parameter order dapat diabaikan atau diberi 0.

R8 pada contoh diatas adalah posisi dimana terdapat suatu nilai untuk kita ketahui rangkingnya setelah kita bandingkan dengan nilai lainnya dalam daftar tersebut.

Sedankan angka 0 (nol) untuk menunjukkan urutan secara Descending atau mengurutkan suatu nilai dimulai dari nilai yang terbesar sampai nilai terkecil.

Sangat mudah bukan???
Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan Guru Sekolah Dasar yang Budiman, Salam Satu Jiwa, Guru Sekolah Dasar Indonesia

Jasamuguru.blogspot.com

Baca juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar