Selamat Datang di jasamuguru.blogspot.com. Blog ini memuat tentang aneka informasi terupdate tentang dunia pendidikan di tingkat Sekolah Dasar.

Sabtu, 26 April 2014

Cara Menulis dan Menterjemahkan Aksara Bahasa Jawa pada Laptop / Komputer

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh..

Apa kabar kawan Guru Indonesia?! Pada postingan saya kali ini, saya akan membagi tips dan trik bagaimana cara menulis dan menterjemahkan Aksara Bahasa Jawa ( Hanacaraka ) pada komputer/laptop kita.

Saya yakin bahwa masih sedikit dari teman-teman guru yang mengetahui  bagaimana cara menulis dan menterjemahkan Aksara Bahasa Jawa. untuk itu saya perkenalkan sebuah software yang wajib dipunyai oleh teman guru, khususnya guru-guru yang mengajar Bahasa Jawa, baik di tingkat SD, SMP maupun SMA.

Sebenarnya ada beberapa software yang dapat kita gunakan untuk fungsi diatas, tapi menurut saya software yang paling sederhana dan mempunyai fungsi yang maksimal adalah software yang akan saya bahas kali ini.

Baiklah, langsung saja saja kita bahas tentang software ini. Software yang saya maksud disini adalah software 'CARAKAN'. Software Carakan adalah software yang digunakan untuk menulis aksara Jawa, menterjemahkan dari aksara Jawa ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Software Carakan ini dibuat oleh  Bayu Kusuma Purwanto dan dia gratiskan lewat situs http://carakan.blogspot.com

Berikut adalah langkah-langkah bagaimana cara menggunakan software tersebut :
  1. Sebelum anda menginstal program CARAKAN, anda harus mempunya font Aksara Jawa di laptop/komputer anda. karena biasanya pada posisi windows default tidak menyediakan Font ini. Font aksara jawa bisa anda download disini Download Font Jawa
  2. Kemudian instal hasil download font aksara Jawa tadi dengan cara klik kanan pada file dan 'instal', selesai!
  3. langkah selanjutnya adalah dengan mendownload Software Carakan. Anda bisa mendownloadnya disini Download Software Carakan dengan Password "oisoft". tekan 'skip' dikanan atas apabila muncul gambar seperti dibawah ini.
  4. kemudian Download


  5. Klik kanan hasil download, kemudian klik 'extract here'
  6. Klik kananfil  hasil ekstract kemudian 'run administrator'
  7. Klik 'Next'
  8.  Klik 'saya setuju'
  9.  Tekan Next --> next --> next--> biarkan proses instalisasi selesai kemudian tekan 'FINISH'
    Program pun siap untuk digunakan. lihat dilayar Desktop komputer anda dan kilik 2 kali, atau kalau tidak tertampil dilayar desktop, coba cari di START ---> All Program maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini : 

    Klik salah satu pilihan yang anda kehendaki, kemudian tulis kalimat pada kolom atas, arahkan kursor pada kolom bawah kemudian 'convert' seperti gambar dibawah ini. BIMSALABIM! tulisan sudah jadi. 

    Sangat mudah bukan???! Jangan lupa pelajari software ini sesuai dengan keilmuan, karena akan lebih mudah menggunakan software ini dengan ilmu Hanacaraka yang kita pelajari dari buku-buku Hanacaraka Aksara Jawa.

    Demikian tips bagaimana cara menginstal dan menggunakan program software Carakan, yang sangat simpel dan bermanfaat bagi teman-teman guru yang mengajar Bahasa Jawa disekolah. ini juga bermanfaat untuk belajar sendiri dirumah maupun mengajarkannya pada anak-anak kita agar nilai-nilai luhur yang ada pada Aksara dan Basa Jawa tidak punah termakan era Globalisasi yang semakin menjadi-jadi. Sekian dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf...

    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...

1 komentar: