Selamat Datang di jasamuguru.blogspot.com. Blog ini memuat tentang aneka informasi terupdate tentang dunia pendidikan di tingkat Sekolah Dasar.

Senin, 28 April 2014

Cara Membuat Nilai Rata-Rata Kelas Hanya Dalam 10 Detik

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh..

Kawan Guru SD yang dirahmati Allah SWT. Tugas guru SD akhir-akhir ini ternyata semakin banyak saja, tak hanya sebagai guru kelas, seorang guru SD harus dituntut sebagai staf administrasi dan segala macam tugas-tugas yang berhubungan dengan administrasi Sekolah. Untuk itu seorang guru SD harus dapat bekerja dengan cepat dan tepat.

Pada postingan kali ini saya akan memberi tips bagaimana untuk membuat waktu anda seefektif mungkin dalam mengelola administrasi guru, terutama dalam hal asessment atau penilaian.

Harus diakui, bahwa dalam rekapitulasi nilai, kita selalu dihadapkan dengan rata-rata nilai siswa dan rata-rata nilai kelas. Biasanya tidak sedikit waktu yang kita butuhkan untuk mengerjakan yang satu ini. terutama bila kita masih menggunakan alat kalkulator, selain lama, juga kemungkinan kesalahan juga besar, sehingga kita sering melakukannya berulang-ulang agar tidak terjadi kesalahan. Namun kita bisa membuat waktu itu menjadi lebih efektif. yaitu dengan memanfaatkan program Excel pada laptop anda.

Sebenarnya ada banyak versi Software besutan Microsoft ini, antara lain Microsoft Excel 1998, 2003, 2007, 2010 dan yang paling anyar 2013. namun secara sistem semuanya sama, hanya tampilannya saja yang memang agak berbeda, dan penambahan fitur-fitur tertentu yang tidak secara signifikan berubah.

Dan sebenarnya juga sudah banyak menjamur buku-buku dan tutorial-tutorial tentang membuat rata-rata nilai seperti ini, tapi kebanyakan adalah cara penyelesaiannya yang penuh dengan teori dan sulit untuk kita fahami, dan membutuhkan ilmu komputer yang tinggi. namun disini akan saya coba membuat segalanya menjadi lebih mudah, bahkan anda yang baru belajar komputerpun bisa dengan mudah menerapkannya.

Hari ini saya ingin berbagi ilmu tentang bagaiman membuat rata-rata kelas dengan cepat melalui program Micorosoft Excel. Caranya sangat simpel dan hampir sama seperti pada postingan yang lalu tentang Cara Membuat Nilai Rata-Rata Kelas Hanya Dalam 10 Detik . Bedanya, untuk kali ini yang akan kita cari adalah nilai rata-rata nilai kelas.

Baiklah langsung saja pada tips, apabila dikomputer anda sudah terinstal program ini.
Diakhir Semester atau akhir tahun, biasanya kita akan menginput hasil nilai harian atau nilai hasil ujian. maka sebagai contoh akan saya tampilkan rekapitulasi nilai UTS. seperti dibawah ini. 


Perhatikan data diatas, misalkan yang akan kita kerjakan adalah rata-rata nilai yang sudah ditandai dengan warna kuning. Maka untuk mengerjakannya cukup sederhana. ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan cermat sebelum anda mencobanya sendiri di laptop anda :

Pertama-tama letakkan kursor / klik pada kolom nilai rata-rata yang paling kiri (lingkaran merah), kemudin pada Menu Bar, klik FORMULAS (lingkaran biru) kemudian pilih EVERAGE (lingkaran hijau). seperti pada gambar dibawah ini. 


Kemudian Klik pada nilai awal dari satu siswa yang paling atas (lingkaran biru) : yaitu nilai PAI pada DENIS CANIAGO seperti gambar dibawah ini.


Kemudian tekan dan jangan dilepas tombol SHIFT pada keyboard laptop anda kemudian arahkan pada nilai paling akhir yaitu, nilai PAI dengan nama ACHMAD ALIZULFIQAR, klik di situ (lingkaran merah) kemudian lepaskan tombol SHIFT. Maka akan terlihat blok berupa garis berkedip-kedip seperti gambar diatas, disertai dengan tulisan AVERAGE (F8;F25) yang artinya RATA-RATA(kolom F baris ke-8 menuju kolom F baris ke-25). lebih jelasnya lihat gambar diatas.

Apabila sudah tertampil seperti diatas, tekan ENTER pada keyboard anda. maka hasilnya akan seperti dibawah ini. Lihatlah, kita sudah selesai membuat nilai rata-rata kelas satu mata pelajaran PAI.


Selanjutnya anda tinggal arahkan kursor mouse anda pada titik kecil pada kotak hasil nilai rata-rata PAI tadi dan menyeretnya ke kanan seusuai jumlah mata pelajaran yang akan kita rata-ratakan. lihatlah gambar dibawah ini! 


Sangat mudah bukan???
Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan Guru Sekolah Dasar yang Budiman, Salam Satu Jiwa, Guru Sekolah Dasar Indonesia

Jasamuguru.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar