Selamat Datang di jasamuguru.blogspot.com. Blog ini memuat tentang aneka informasi terupdate tentang dunia pendidikan di tingkat Sekolah Dasar.

Selasa, 29 April 2014

Pramuka Menjadi Ekstrakulikuler Wajib Bagi Siswa SD Hingga SMA

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh..

Kawan Guru SD yang budiman, berikut ini saya informasikan hal-hal mengenai Kepramukaan, sebuah pergerakan yang saat ini hampir tak tersentuh oleh kita semua. Disekolah, kegiatan ini bahkan mulai terlupakan. terutama bagi guru-gurunya sendiri. Kebanyakan sekolah lebih memilih mendatangkan anak-anak DKR untuk melatih anak-anak kita. Meskipun sebenarnya hal tersebut adalah menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai guru.

Hari Pramuka ke 51. rumgapres/abror rizki
Korelasi yang jelas ada antara sikap dan perilaku anak dengan kegiatan pramuka menjadi perhatian serius dari pemerintah, hingga dalam Kurikulum 2013 saat ini, pemerintah memasukkannya sebagai ekstrakurikuler wajib. seperti saya kutip dari Merdeka.com, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Adhyaksa Dault mengatakan, kegiatan Pramuka akan dijadikan kegiatan ekstrakulikuler wajib bagi siswa Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Menurut mantan Menpora tersebut, kegiatan pramuka mampu menghindarkan kaum muda dari ancaman yang semakin meningkat baik dari kualitas maupun kuantitas. "Dengan kegiatan Pramuka dapat menanggulangi generasi muda dari ancaman narkoba dan ancaman lainnya," tambahnya.

Menurutnya, kegiatan Pramuka, saat ini mulai luntur. Hal tersebut disebabkan sejak reformasi, pramuka hanya dijadikan kegiatan pilihan dan bukan kegiatan wajib. Padahal nilai-nilai yang ada dalam kegiatan pramuka sangat tinggi. "Nilai-nilai yang ada dalam kegiatan pramuka sangat tinggi. Gerakan Pramuka juga sejalan dengan penyempurnaan kurikulum 2013," katanya.

Penyempurnaan kurikulum tersebut lanjut Adhyaksa, mengedepankan tiga komposisi dalam pembentukan karakter generasi muda yakni ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Menurutnya, Pramuka juga mampu membentuk generasi yang unggul dan berkarakter.

Untuk itu, tentu sangat vital peran pergerakan pramuka ini terhadap pola perilaku dan sikap siswa-siswa kita. dan sudah saatnya kita mengawinkan antara Kurikulum 2013 dengan kegiatan Pramuka yang memang mempunyai tujuan dan arah yang sama, yaitu membentuk siswa yang berilmu pengetahuan, mempunyai ketrampilan, dan sikap dan mental yang baik yang berketuhanan.

Sementara itu Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kacung Marijan menambahkan, mulai tahun ajaran baru mendatang Pramuka akan menjadi ekstrakulikuler wajib. Kemendikbud terus mengkaji dan menyiapkan pembina yang kompeten. "Pramuka telah teruji secara otentik sebagai pendidikan karakter. Untuk itu, saat ini Kemendikbud telah menyiapkan guru sebagai pembina di tingkat SD hingga SMA," paparnya saya kutip dari merdeka.com

Ayo kawan-kawan guru, terutama Guru SD, kita hidupkan kembali semangat Pramuka, kita tanamkan jiwa-jiwa yang handal mulai dari tingkat Siaga dan Penggalang!

Demikian Informasi yang dapat saya sampaikan mengenai pergerakan Pramuka, semoga bermanfaat!

Salam Satu Jiwa, Guru SD Seluruh Indonesia

Wssalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar