Selamat Datang di jasamuguru.blogspot.com. Blog ini memuat tentang aneka informasi terupdate tentang dunia pendidikan di tingkat Sekolah Dasar.

Senin, 28 April 2014

Pembelajaran Menyenangkan Pada Materi Peta Dengan Media Profesional ‘Google Earth’

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh..

Kawan Guru yang dirahmati Allah SWT, pada postingan saya kali ini, saya ingin berbagi ilmu buat kawan-kawan guru yang masih tetap semangat dalam meningkatkan kualitas dan mutu diri dalam mengemban amanah sebagai tenaga pendidik. Sangat mulia sekali.

Postingan ini akan membahas sedikit tentang media pembelajaran yang biasa saya pakai sebagai penunjang pembelajaran dikelas pada saat kita mengajar materi  PETA. Didalam buku pelajaran memang sudah dibahas secara lengkap dan mendalam, siswa juga kebanyakan sudah mempunya ATLAS pribadi, dan dikantor juga sudah ada PETA Indonesia maupun PETA Dunia berupa gambar atau benner yang siap untuk kita bawa ke dalam kelas. Namun bukan berarti media-media tersebut cukup bagi kita untuk menyajikan  pembelajaran yang menyenangkan dan menarik untuk siswa didalam kelas.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, siswa masih kurang focus dan terlihat bosan dalam pembelajaran, apabila media yang kita pakai hanya itu-itu saja. Untuk itu, saya ingin berbagi pengalaman dan ilmu.

Bagi yang sudah sering berselancar didunia Internet, mungkin kita sudah sering mendengar istilah Google Map. Pada halaman utama Google. Namun Google Map ini hanya bisa dioperasikan hanya pada saat kita tersambung ke internet. Nah bagaimana jika disekolah kita tidak ada sambungan internet atau wifi? Nah dengan Software ini kita masih bisa menyajikannya ke anak-anak secara off-line.

google-earth.en.softonic.com
Software yang akan saya bahas disini adalah GOOGLE EARTH, kalau saya boleh katakana software ini adalah saudara kembarnya GOOGLE MAP. Hanya saja dia punya kelebihan dapat beroperasi saat kita tidak tersambung ke internet.

Tentu saja, media ini akan lebih maksimal apabila tersambung ke internet, dan penyajiannya dengan menggunakan LCD Proyektor. Dan menurut saya sudah saatnya sekolah berbasis kurikulum 2013 harus sudah melengkapi keduanya. Karena kedua media ini (akses internet dan LCD Proyektor) adalah alat paling menarik dalam memperagakan media pembelajaran berupa video, gambar, games atau apa saja yang dapat ditampilkan.


Kembali pada Google Earth, bagi anda yang laptopnya belum terinstal ke internet, bisa anda download secara gratis disini Download Google Earth

Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc.. Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D (Wikipedia).

Google Earth dapat menampilkan peta bumi secara gambar maupun secara nyata lewat foto satelit. Banyak yang dapat kita peroleh dari Google Earth, mulai dari letak suatuBenua, Negara, Provinsi, Kota, Kabupaten, Kecamatan, Desa, Dusun, Jalan raya, bahkan sampai melihat bangunan-bangunan gedung atau rumah yang kita inginkan. Cukup lengkap bukan? Dan semuanya digambarkan secara real atau nyata sesuai dengan keadaan aslinya.

Google Earth tidak hanya dapat menampilkan seluruh permukaan bumi, tapi juga ada fitur tambahan antara lain, Bulan, Mars dan Langit, kita bisa ‘jalan-jalan’ kesana, hehe..
Langsung saja, bagi kawan guru yang tertarik menggunakannya sebagai media penunjang pembelajaran, berikut akan saja jelaskan fungsi-fungsi pada menu yang ada pada Software Google Earth, perhatikan gambar dibawah ini.

Penjelasan menu:

     Tanda panah merah berfungsi sebagai arah mata angin, kita bisa memutar-mutarnya.
     Tanda panah hijau berfungsi untuk memutar kekiri, kanan, atas dan bawah bumi.
     Tanda pana biru berfungsi untuk mendekatkan dan menjauhkan posisi kita dengan bumi.
     Tanda panah pink berfungsi untuk mengganti fitur, disana ada pilihan Bumi, Bulan, Mars dan Langit
     Tanda panah kuning berfungsi untuk mengganti bumi kita dari ‘siang-malam’ atau hanya siang saja.
     Tanda panah biru muda berfungsi untuk merekam eksplorasi kita pada program tersebut dan bisa di              tayangkan ulang sebagai media pembelajaran secara Off-line.
     Lingkaran warna merah, berfungsi untuk mencari tempat tertentu, misalkan Negara, Kota, nam gunung, laut,  sungai jalan dll.

Berikut adalah contoh penulusuran saya pada peta Surabaya dari tampak bumi bulat hingga ke suatu bangunan tertentu, disini saya ambil peta surabaya 


Tampak Suatu Negara

Tampak Suatu Propinsi

Tampak suatu Kota


Tampak suatu Kota

Tampak suatu Kecamatan

Tampak suatu Kelurahan

Tampak suatu Kampung

Tampak dari daratan / bangunan

Tampak Nama tempat dan jalan


Demikian sedikit pengalaman yang dapat saya share, semoga bermanfaat,
Salam Satu Jiwa Guru SD Seluruh Indonesia!

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh..

Baca juga :
Pembelajaran Menyenangkan Pada Materi Pegunungan Dengan Media Profesional ‘Google Earth’

jasamuguru.blogspot.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar